Etika Bisnis - Etika Iklan ( Bab 5)
Secara sederhana, etika
adalah suatu suatu cabang ilmu filsafat yang mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan moral. Etika berisi prinsip-prinsip moralitas dasar yang
akan mengarahkan perilaku manusia
Iklan & Etika
Definisi iklan:
Pesan komunikasi
pemasaran atau komunikasi publik tentang sesuatu produk yang disampaikan
melalui sesuatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan
kepada sebagian atau seluruh masyarakat
Definisi periklanan:
Seluruh proses yang
meliputi penyiapan, perencanaan, penyampaian dan umpan balik dari pesan
komunikasi pemasaran
(Dikutip dari: Etika
Pariwara Indonesia, cetakan 3, 2007)
Periklanan atau reklame
adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis modern. Iklan dianggap sebagai cara
ampuh untuk menonjol dalam persaingan. Dalam perkembangan periklanan, media
komunikasi modern : media cetak maupun elektronis, khususnya televisi memegang
peranan dominan. Fenomena periklanan ini menimbulkan perbagai masalah yang
berbeda.
Contoh Kasus :
Spanduk Isu SARA di Depok Dinilai Ganggu Kerukunan
Umat Beragama
DEPOK,
KOMPAS.com — Calon wakil wali kota Depok, Babai Suhaemi, menyesalkan
adanya spanduk yang memuat tulisan "satu kelurahan satu gereja".
Babai menilai bahwa keberadaan spanduk tersebut dapat merusak kerukunan umat
beragama.
"Tindakan
keji seperti ini hanya menciptakan ketidakharmonisan dan permusuhan antar-umat
beragama," ujar Babai saat dihubungi, Selasa (10/11/2015).
Spanduk tersebut
dinilai Babai telah menyudutkan dirinya dan pasangannya, yakni calon wali kota
Depok, Dimas Oky Nugroho. Ia khawatir, spanduk tersebut berpotensi menggerus
perolehan suara Dimas-Babai di Depok.
Berdasarkan foto yang
beredar di media sosial, spanduk bermuatan SARA tersebut memuat tulisan
"Haleluya... Puji Tuhan... Ayo Sukseskan Satu Kelurahan Satu Gereja"
dengan latar gambar Dimas-Babai dari relawan Pro DB.
Babai menyatakan bahwa
timnya sudah mencabut spanduk-spanduk tersebut dan melaporkannya kepada Panitia
Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok. Ia pun berharap masyarakat tidak
terpancing dengan isu dalam spanduk itu yang dinilai provokatif.
"Walaupun kami dirugikan, kami akan tetap hadapi, dan kami yakin warga Depok cerdas dan tidak akan terpengaruh dengan isu-isu seperti ini," ujar dia.
Babai juga menduga,
pihak yang membuat dan memasang spanduk bermuatan isu SARA tersebut adalah
pihak dari tim sukses pasangan rivalnya, Idris Abdul Shomad-Pradi Supriyatna.
(Baca: Calon Wakil Wali Kota Depok Tuding Tim Sukses Rivalnya yang
Sebarkan Spanduk Isu SARA)
Menurut Babai, dugaannya itu menguat setelah salah seorang anggota timses Idris-Pradi menyebarkan foto tersebut melalui media sosial. Ia bahkan menyebut orang berinisial AM itulah yang pertama menyebarkan isu tersebut. (Baca: Pradi Bantah Pihaknya yang Sebarkan Spanduk Isu SARA di Depok)
Menurut Babai, dugaannya itu menguat setelah salah seorang anggota timses Idris-Pradi menyebarkan foto tersebut melalui media sosial. Ia bahkan menyebut orang berinisial AM itulah yang pertama menyebarkan isu tersebut. (Baca: Pradi Bantah Pihaknya yang Sebarkan Spanduk Isu SARA di Depok)
Komentar
Posting Komentar