Usaha dan Lingkungan Pemasaran
Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan
kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan
harus terus melakukan pengamatan secara
terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan
terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat
menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar
yang baru. (Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_Pemasaran)
pemasaran Lingkungan
• Lingkungan pemasaran terdiri dari
aktor dan kekuatan luar
organisasi yang mempengaruhi manajemen
kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan
dengan target pelanggan.
• Lingkungan menawarkan peluang
dan ancaman.
• Pemasaran intelijen dan penelitian yang digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang
lingkungan
• Lingkungan pemasaran terdiri dari
aktor dan kekuatan luar
organisasi yang mempengaruhi manajemen
kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan
dengan target pelanggan.
• Lingkungan menawarkan peluang
dan ancaman.
• Pemasaran intelijen dan penelitian yang digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang
lingkungan
Hasil dari Eksternal dan Internal
Analisis lingkungan
Periksa peluang
dan ancaman
Periksa Kekuatan dan
Kelemahan à unik
sumber daya, kemampuan, dan
kompetensi
(berkelanjutan kompetitif
keuntungan)
Analisis lingkungan
Periksa peluang
dan ancaman
Periksa Kekuatan dan
Kelemahan à unik
sumber daya, kemampuan, dan
kompetensi
(berkelanjutan kompetitif
keuntungan)
- Berkaitan dengan tema yang ke 2 (lingkungan pemasaran) analisis dari usaha yang telah dipilih. ( pengaruhnya, kelemahan, kekurangan,ancaman,segmentasi)
Usaha Restaurant H***-**** B****
Pengaruhnya terhadap masyarakat
atau para konsumen, yaitu selain membantu dalam hal karir atau lowongan
pekerjaan, konsumen merasa terpenuhi keinginannya yang ingin makan di tempat
makan yang bersuasana beda, layaknya berada di restaurant di negara Jepang. Kelemahan
dari usaha ini menu-menu yang tersedia bukan menu-menu olahan yang berbahan
dasar dari negara Jepang dan tidak menyajikan makanan yang asli seperti di negara Jepang seperti sushi,shasimi,
dll. Tapi kekuatan dari restauran ini ialah berusaha menyajikan menu masakan
yang mungkin sama atau seperti yang ada di negara Jepang atau restaurant masakan jepang lain. Seperti menyediakan
menu makanan bernama tempura, teriyaki, dll. Serta, restaurant hoka-hoka bento
ini juga menyajikan makanan jepang yang sehat, variatif, higienis, cepat saji
dengan harga terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan Hoka Hoka
Bento sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar di
Indonesia. . Dan dalam melayani konsumen
para pelayan memberi pelayanan yang baik, ramah, sopan sehingga pembeli atau
konsumen tertarik untuk mampir dan mencoba, dan dapat mengundang pembeli dan
konsumen lain untuk ikut mencoba dan menjadi pelanggan setia di restaurant
tersebut. Dari kekuatan atau kelebihan
tersebut, memungkinkan adanya ancaman terhadap usaha yang dikelola. Tentunya merugikan
pihak-pihak tertentu. Ancaman yang mungkin atau pasti terjadi seperti adanya
peniruaan konsep restaurant, penipuan yang mengatas namakan restaurant Hoka-Hoka
Bento, seperti penipuan undian hadiah, dll.
Segmentasi
Segmentasi adalah salah satu aktivitas perusahaan yang membagi-bagikan atau mengelompokkan pasar yang beragam menjadi 1 karakter yang sama. Misalnya untuk usia balita/anak-anak dibawah umur, untuk dewasa, untuk orang sakit, manula, orang yang suka makanan pedas dan lain sebagainya.
Menurut saya, restaurant Hoka-Hoka Bento telah melakuan segmentasi. Restaurant tersebut telah membagi atau mengelompokkan konsumen sesuai karakter. Karakter yang dimaksud tersebut, yaitu yang menyukai makanan yang bersuasana ala Jepang. Meskipun makanan yang tersedia di restaurant tersebut tidak berasal dari Jepang. Mungkin hanya meniru beberapa menunya saja. Dan tetntu saja dikhususkan untuk orang-orang yang merasa lapar.
Ayu Lestari ( 1EA22 ) Npm: 11212286 Mata Kuliah: Dasar Pemasaran
Komentar
Posting Komentar