Usaha dan Lingkungan Pemasaran


Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru. (Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_Pemasaran)


pemasaran Lingkungan
Lingkungan pemasaran terdiri dari
aktor dan kekuatan luar
organisasi yang mempengaruhi manajemen
kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan
dengan target pelanggan.
Lingkungan menawarkan peluang
dan ancaman.
Pemasaran intelijen dan penelitian yang digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang
lingkungan
Hasil dari Eksternal dan Internal
Analisis lingkungan
Periksa peluang
dan ancaman
Periksa Kekuatan dan
Kelemahan à unik
sumber daya, kemampuan, dan
kompetensi
(berkelanjutan kompetitif
keuntungan)

  •       Berkaitan dengan tema yang ke 2 (lingkungan pemasaran) analisis dari usaha yang telah dipilih. ( pengaruhnya, kelemahan, kekurangan,ancaman,segmentasi)
Usaha Restaurant H***-**** B****
Pengaruhnya terhadap masyarakat atau para konsumen, yaitu selain membantu dalam hal karir atau lowongan pekerjaan, konsumen merasa terpenuhi keinginannya yang ingin makan di tempat makan yang bersuasana beda, layaknya berada di restaurant di negara Jepang. Kelemahan dari usaha ini menu-menu yang tersedia bukan menu-menu olahan yang berbahan dasar dari negara Jepang dan tidak menyajikan makanan yang  asli seperti di negara Jepang seperti sushi,shasimi, dll. Tapi kekuatan dari restauran ini ialah berusaha menyajikan menu masakan yang mungkin sama atau seperti yang ada di negara Jepang  atau restaurant masakan jepang lain. Seperti menyediakan menu makanan bernama tempura, teriyaki, dll. Serta, restaurant hoka-hoka bento ini juga menyajikan makanan jepang yang sehat, variatif, higienis, cepat saji dengan harga terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan Hoka Hoka Bento sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar di Indonesia.  . Dan dalam melayani konsumen para pelayan memberi pelayanan yang baik, ramah, sopan sehingga pembeli atau konsumen tertarik untuk mampir dan mencoba, dan dapat mengundang pembeli dan konsumen lain untuk ikut mencoba dan menjadi pelanggan setia di restaurant tersebut.  Dari kekuatan atau kelebihan tersebut, memungkinkan adanya ancaman terhadap usaha yang dikelola. Tentunya merugikan pihak-pihak tertentu. Ancaman yang mungkin atau pasti terjadi seperti adanya peniruaan konsep restaurant, penipuan yang mengatas namakan restaurant Hoka-Hoka Bento, seperti penipuan undian hadiah, dll.


Segmentasi
Segmentasi adalah salah satu aktivitas perusahaan yang membagi-bagikan atau mengelompokkan pasar yang beragam menjadi 1 karakter yang sama. Misalnya untuk usia balita/anak-anak dibawah umur, untuk dewasa, untuk orang sakit, manula, orang yang suka makanan pedas dan lain sebagainya.
Menurut saya, restaurant Hoka-Hoka Bento telah melakuan segmentasi. Restaurant tersebut telah membagi atau mengelompokkan konsumen sesuai karakter. Karakter yang dimaksud tersebut, yaitu yang menyukai makanan yang bersuasana ala Jepang. Meskipun makanan yang tersedia di restaurant tersebut tidak berasal dari Jepang. Mungkin hanya meniru beberapa menunya saja.  Dan tetntu saja dikhususkan untuk orang-orang yang merasa lapar.

Ayu Lestari ( 1EA22 )    Npm: 11212286    Mata Kuliah: Dasar Pemasaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIQUID FOUNDATION FOCALLURE #WARMIVORY03

Pernikahan di kala PANDEMI COVID-19 - 20 September 2020 INTIMATE WEDDING

MOTIVASI DALAM PERILAKU KONSUMEN