Pengambilan Keputusan


Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. Itu semua bermula ketika kita perlu untuk melakukan sesuatu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan.
Kapan kita mengambil keputusan?
Jawab: setiap saat/ sejak bangun tidur/ sebelum beraktivitas
Contoh pengambilan keputusan tentang :
-          Jenis usaha
-          Lokasi usaha
-          Pendanaan
-          Investasi, dll
Ada 2 Tipe Keputusan:
1.       Keputusan yang terprogram;
keputusan yang terstruktur, yang muncul berulang-ulang sehingga dapat diprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manjemen tingkat bawah.
2.       Keputusan yang tidak terprogram ;
muncul karena ada masalah yang luar biasa, tidak ada pedoman yang cukup rinci. Ketika Suatu perusahaan menghadapi internal seperti kecelakaan kecil dalam aktivitas produksi, Perusahaan berusaha mengambil keputusan untuk menutupinya . Keputusan ini bersifat tidak memiliki prosedur. Sehingga dapat dikategorikan sebagai keputusan tak terprogram.
Contoh:
1.        Pengambilan Keputusan Terprogram.
Contoh : Manajer produksi dari PT. XYZ selalu melakukan kegiatan rutin disetiap awal bulan, yaitu dengan melakukan pembelian bahan baku untuk persediaan..
2.       Pengambilan Keputusan Tak Terprogram.
Contoh : Pak Andre adalah seorang Presiden Direktur PT. Angkasa. Ia harus selalu bisa mengambil keputusan dengan cepat demi kelangsungan perusahaannya. Pengambilan keputusan yang dia ambil berdasarkan informasi pasar yang harus selalu ia dengan dan ketahui. Contohnya adalah harga saham yang selalu berubah. Dia harus bisa menyesuaikan keuangan perusahaan agar harga saham perusahaan pada bursa efek bisa selalu stabil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIQUID FOUNDATION FOCALLURE #WARMIVORY03

Pernikahan di kala PANDEMI COVID-19 - 20 September 2020 INTIMATE WEDDING

MOTIVASI DALAM PERILAKU KONSUMEN