PLANNING
Yaitu menentukan Visi dan Misi. Yang di maksud dengan Visi sendiri yaitu cita-cita yang diinginkan atau yang akan dicapai, sedangkan Misi adalah upaya-upaya konkret untuk mewujudkan Visi dengan strategi atau cara dan mengembangkan rencana yang bertahap untuk mencapai cita-cita tersebut.
Ciri-ciri Visi :
-          Cita-citanya harus jelas (contoh: ingin sukses dalam bidang apa)
-          Harus bisa diukur (dengan menyebutkan cita-cita terbesar yang jelas)
-          Harus masuk akal agar bisa tercapai
-          Kenyataan
-          Bisa di ukur dengan waktu

Carilah 1 unit usaha!
1.       Tanyakan Visi atau kedepannya ingin seperti apa?
2.       Tanyakan Misi atau upaya-upaya konkretnya apa?
Jawab :
Usaha yang di pilih : Tukang Bakso Keliling
1.       Visinya : Tujuan kedepannya ingin memiliki bawahan atau karyawan yang banyak agar saya (sang penjual bakso) tidak perlu capek-capek keliling lagi, karena sudah ada gerobak-gerobak lain yang akan dijalankan oleh para bawahan atau karyawan saya. Lalu saya juga ingin membuka usaha di sebuah toko atau ruko.
2.       Misinnya : Upaya konkretnya, saya sudah menabung dan mencari-cari informasi tentang bahan baku untuk membuat gerobak. Seperti mencari tukang kayu untuk membuat gerobaknya. Saya juga telah menyiapkan nama untuk produk bakso saya agar lebih mudah dikenal masyarakat luas yaitu “Bakso si Gendut”. Saya juga sudah menyiapkan dana untuk membuat gerobak lagi dan menyiapkan persediaan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso. Saya pun sekarang sedang mencari beberapa orang yang akan saya ajak untuk bekerjasama dengan saya di bisnis bakso ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIQUID FOUNDATION FOCALLURE #WARMIVORY03

Pernikahan di kala PANDEMI COVID-19 - 20 September 2020 INTIMATE WEDDING

MOTIVASI DALAM PERILAKU KONSUMEN